Layak disimak: Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2010

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bentuk upaya yang di tempuh oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kwalitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Awalnya ada lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM Penelitian (PKMP), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan PKM Penulisan Ilmiah (PKMI). Namun kemudian PKMI disebut sebagai PKM Artikel Ilmiah (PKMAI) dan ditambahkan PKM baru yaitu PKM Gagasan Tertulis (PKMGT).

Sayangnya minat mahasiswa Unimed untuk mengerjakan PKM masih kurang. Karena itu Unimed berinisiatif menggabungkan kegiatan PKM dan beasiswa PPA/BBM. Dengan menjadikan draf proposal PKM sebagai syarat pengajuan permohonan beasiswa terbukti meningkatkan proposal PKM yang dihasilkan mahasiswa Unimed. Padahal kalau dilihat di Universitas lain tidak ada draf proposal PKM sebagai syarat permohonan beasiswa.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa terbaru yang dikeluarkan langsung oleh DP2M Dikti.

0 komentar:

Posting Komentar